Kamis, 13 Januari 2022

 

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB




BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) saat ini telah mencakup ke hampir segala bidang kehidupan dan menuntut kinerja manusia untuk dapat lebih cepat, mudah, serta diproses secara komputerisasi. Demikian juga, akses internet yang kian mudah dan penyebaran jaringan yang semakin meluas. Pembaharuan (updating) informasi dan penyebarannya pun sebanding dengan permintaan masyarakat. Website, sebagai salah satu sarana alternatif untuk menyediakan informasi bagi masyarakat dan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi yang up to date. Banyak perusahaan besar, instansi pemerintahan, lembaga pendidikan, hingga home industry yang menggunakan website sebagai salah alat untuk memperkenalkan profil, produk, layanan online (online service), maupun segala bentuk informasi lain kepada masyarakat.

Perpustakaan merupakan kumpulan bahan informasi yang terdiri dari buku dan non-buku yang disusun dengan sistem tertentu, diperuntukkan kepada pengguna jasa perpustakaan untuk dapat dimanfaatkan, akan tetapi tidak untuk dijadikan hak milik baik sebagian maupun keseluruhan (Saiful I. Huda, 2007). Dari satu konsep tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa perpustakaan menjadi sebuah wadah berbagai macam ilmu dan informasi penting bagi 2 khalayak, maka diperlukan sebuah sistem pengelolaan yang baik dan fasilitas yang memadai untuk menunjang mutu pelayanan perpustakaan itu sendiri.

Sistem informasi perpustakaan yang menciptakan kemudahan kinerja para staf dan efisiensi waktu mulai banyak bermunculan. Pengintegrasian pada data base, penggunaan peralatan elektronik, dan proses yang terkomputerisasi ini sering disebut sebagai automasi perpustakaan. Automasi perpustakaan merupakan sebuah proses pengelolaan perpustakaan dengan mempergunakan TI. Proses automasi ini kemudian menghadirkan dua buah konsep sistem informasi perpustakaan, yaitu sistem informasi perpustakaan berbasis desktop (desktop based) dan berbasis web (web based).

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang sudah diuraikan, maka dapat diperoleh beberapa permasalahan yang dihadapi, yaitu bagaimana mengembangkan sistem informasi perpustakaan berbasis web yang dapat melakukan input data, sirkulasi, dan penelusuran koleksi dengan kebutuhan perpustakaan dengan menggunakan bahasa pemrograman Personal Home Page (PHP) dan menggunakan database MySQL.

1.3 Tujuan dan Manfaat

Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk membangun sebuah sistem informasi berbasis web yang memberikan kemudahan manajemen data.

Manfaat yang hendak dicapai dalam penelitian ini antara lain :

1. Memberikan kemudahan bagi seluruh pengguna (user) dalam memanfaatkan perpustakaan di mana pun berada dan kapan pun melalui media internet.

2. Memberikan kemudahan dalam pengolahan data, konten, maupun penyediaan layanan sirkulasi perpustakaan.

BAB II

LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Sistem, Informasi, Sistem Informasi, Perpustakaan, dan Sistem Informasi Perpustakaan.

Sistem adalah seperangkat unsur yang melakukan sesuatu kegiatan atau beberapa tujuan dengan mengolah data suatu energi dalam jangka waktu tertentu guna menghasilkan informasi dan energi.

Informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya untuk mengambil keputusan masakini maupun yang akan datang.

Perpustakaan secara umum adalah suatu unit kerja yang berupa tempat mengumpulkan, menyimpan, dan memelihara koleksi pustaka baik buku — buku ataupun bacaan lainnya yang diatur, diorganisasikan, diadministrasikan dengan cara tertentu untuk memberi kemudahan dan digunakan secara kontinu oleh pemakainya sebagai suatu informasi.

Sistem informasi perpustakaan adalah proses pengelolaan perpustakaan dengan menggunakan bantuan teknologi informasi. Dengan bantuan ini, maka beberapa pekerjaan manual dapat dipercepat dan diefisienkan. Dengan demikian para pustakawan dapat menggunakan waktu lebihnya untuk mengurusi pengembangan peerpustakaan karena beberapa pekerjaan sudah diambil alih oleh komputer. Sistem informasi perpustakaan memanfaatkan teknologi informasi untuk kegiatan — kegiatan perpustakaan dan mengubah sistem perpustakaan manual menjadi sistem perpustakaan terkomputerisasi.

2.2 Use Case Diagram

Use case diagram merupakan diagram yang menggambarkan hubungan antara aktor dengan sistem. Use case diagram bisa mendeskripsikan sebuah interaksi antara satu atau lebih aktor dengan sistem yang akan dibuat. Use case diagram juga bisa digunakan untuk mengetahui fungsi apa saja yang ada di dalam sebuah sistem dan bisa juga mempresentasikan sebuah interaksi aktor dengan sistem. Komponen tersebut kemudian menjelaskan komunikasi antara aktor, dengan sistem yang ada. Dengan demikian, use case dapat dipresentasikan dengan urutan yang sederhana, dan akan mudah dipahami oleh para konsumen.

2.2.1 Relasi Use case Diagram

Ada beberapa jenis — jenis relasi yang digunakan untuk menggambarkan use case diagram, diantaranya :

1. Association, yaitu teknik mengindentifikasi interaksi yang dilakukan oleh actor tertentu dengan use case tertentu. Hal ini digambarkan dengan garis antara aktor terhadap use case tersebut.

2. Generalization, yaitu mendefinisikan relasi antara dua aktor atau dua use case yang mana salah satunya meng-inherit dan menambahkan atau override sifat dari yang lainnya.

3. Dependency, Dependency ini terbagi menjadi 2 macam, yaitu include dan juga extend, sebagai berikut :

· Dependency include yaitu Berfungsi untuk mengindentifikasi hubungan antara 2 use case, dimana use case yang satu akan memanggil use case yang lainnya.

· Dependency Extend adalah Apabila pemanggilan, memerlukan kondisi tertentu maka akan berlaku dependensi.

2.2.2 Simbol Use Case Diagram

2.3 Class Diagram

Class diagram adalah diagram yang menggambarkan struktur sistem dari segi pendefinisian kelas-kelas yang akan dibuat untuk membangun sistem. kelas-kelas yang ada pada struktur sistem harus dapat melakukan fungsi-fungsi sesuai dengan kebutuhan sistem.

Berikut simbol class diagram :

2.4 Analisis Perancangan

a. Use Case Diagram

b. Class Diagram



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi yang mau sharing bisa kunjungi media sosial saya : @agozalii ahmad gozali